Senin, 23 Juli 2018

Buku: 40 Hadits Permisalan Pilihan

Dalam beberapa kesempatan, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam tidak jarang memberikan permisalan kepada para sahabat beliau dengan tujuan agar para sahabat lebih mudah memahami apa yang disampaikan oleh beliau Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Di antara sabda beliau yang berisi permisalan adalah hadits yang tercantum dalam Shahih Bukhari dan Shahih Muslim, "Perumpamaan seorang Mukmin seperti tanaman yang diterpa angin ke kanan dan ke kiri, senantiasa mengalami cobaan. Sedangkan permisalan orang munafik dan kafir seperti pohon aras yang tegak dan kokoh tak pernah digoyangkan angin hingga Allah membinasakannya jika Dia berkehendak” (HR. Bukhari nomor 5644 dan Muslim nomor 2809).

Sabda beliau lainnya, dari Abu Musa Al-Asy’ary Radiyallahu ‘Anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Permisalan orang yang menyebut Allah dan yang lalai dari-Nya, ialah permisalan orang yang hidup dan orang yang telah mati” (HR Bukhari nomor 6407).

Hadits-hadits berisi permisalan tersebut dirangkum oleh Rachmat Badani, Lc. MA., ustadz muda alumni Fakultas Hadits Universitas Islam Madinah, Saudi Arabia dalam buku berjudul "Amtsaal Al-Hadits 40 Hadits Permisalan Pilihan" yang dibahas dengan sangat apik dan menarik. 

Buku ini adalah kumpulan 40 hadits pilihan yang mengusung satu tema yang sama, yaitu permisalan-permisalan yang disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. Mengapa hadits permisalan? Karena kebutuhan setiap muslim untuk memahami makna yang luas dan atau tersembunyi dari hadits-hadits permisalan tersebut yang terkadang tidak dapat diungkapkan melalui kata-kata biasa.


Meskipun sang penulis hanya memilih 40 hadits, namun semuanya adalah hadits yang sangat penting untuk diresapi maknanya. Dan penulis telah berusaha sebisa mungkin untuk menyusun tema buku ini dengan sebaik-baiknya, memfokuskan syarah hadits yang berkaitan dengan permisalannya dan merajutnya dalam bingkai dalil-dalil Al-Qur’an dan Hadits yang shahih atau hasan. Sehingga melalui pendalaman yang baik dan seksama, pembaca akan menemukan bukti-bukti kemuliaan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. Dan seiring berakhirnya membaca buku ini, pembaca akan jatuh cinta kepada hadits beliau dan ingin mengetahui lebih banyak lagi.




Judul Buku  :Amtsaal Al Hadits 40 Hadits Permisalan Pilihan


Penulis        : Rachmat Badani, Lc. MA.


Tebal          : 208 halaman


Cetakan      : Pertama, Juli 2018

Penerbit      : Al Qalam Media Lestari

0 komentar:

Posting Komentar