Senin, 18 Februari 2019

Sejarah Hidup Rasulullah Ditulis Ulama Spanyol Abad 11 M


Ad Durar fi Sirati Ar-Rasul adalah buku sirah nabawiyah, mengupas sejarah hidup manusia termulia Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Buku ini termasuk karya klasik yang ditulis oleh Ibnu Abdil Barr, sarjana Muslim asal Cordoba-Spanyol abad ke-11 M (4 Hijriyah). Penulis menjadikan kitab-kitab sirah paling awal sebagai referensi seperti sirah karya Musa bin Uqbah, sirah Ibnu Hisyam, dan yang lainnya.


Penulis memulai pembahasan dari nasab Rasulullah, kelahiran, diutus menjadi Nabi, dakwah beliau di Makkah, hijrah, peperangan-peperangan yang terjadi, sampai wafatnya beliau. Sebagaimana kebiasaan para penulis terdahulu, mencantumkan sanad (jalur periwayat) secara lengkap ketika menulis suatu riwayat. Ini juga yang dilakukan Ibnu Abdil Barr.

Beliau juga mencatat secara lengkap nama-nama sahabat yang mula-mula masuk Islam, sahabat yang hijrah ke Habasyah, dan korban-korban peperangan.


Buku ini disusun secara ringkas, tidak begitu tebal sehingga tidak membosankan bagi pembaca pemula yang baru ingin mempelajari sejarah hidup Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Judul buku : Ad Durar fi Sirah Ar Rasul Ikhtisar Kehidupan Nabi Muhammad saw
Penulis      : Ibnu Abdil Barr
Tebal         : 344 halaman
Penerbit     : Darul Uswah

0 komentar:

Posting Komentar