Sabtu, 18 Mei 2019

Resensi: Sejarah Islam di Asia Tenggara


Proses Masuk dan Perkembangan Islam di negara-negara ASEAN

Asia Tenggara merupakan wilayah yang menggabungkan 11 negara Asean, 378 etnis dan suku bangsa. Di sana pula berkumpul lima agama besar dunia. Termasuk agama Islam. Uniknya di wilayah inilah berdomisili ummat Islam terbesar di dunia yang jumlahnya melebihi jumlah ummat Islam di wilayah asalnya, yakni Timur Tengah.

Secara georafis, Asia Tenggara terletak di kawasan yang sangat strategis. Ia menjadi jembatan antara benua Asia di utara dan Australia di selatan, penghubung antara Samudera Pasifik di Timur dan Samudera Hindia di barat. Terlebih lagi, terdapat sumber daya alam yang melimpah di dalamnya. Itulah sebabnya, ia menjadi kawasan yang diminati serta dilirik oleh semua bangsa di dunia. Termasuk oleh ummat Islam yang berada di wilayag Timur Tengah.

Buku Sejarah & Kebudayaan Islam di Asia Tenara karya Saifullah ini memaparkan sejarah masuknya Islam di negara-negara kawasan Asia Tenggara mulai dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Myanmar, Filipina sampai Timor Leste. Penulis juga mencatat sejarah kerajaan-kerajaan Islam yan pernah berdiri di wilayah tersebut serta sebab-sebab kejatuhannya setelah lama berkuasa.

Menariknya juga, Islam masuk ke kawasan yang terdiri dari berbagai macam etnis dengan budaya yang berbeda. Tapi Islam dapat masuk sehingga terjadi akulturasi dan asimilisasi dengan budaya setempat yang pada akhirnya membuahkan budaya baru yang dinamis dan unik.

Buku ini sangat menarik untuk pembaca yang ingin mengetahui sejarah dan perkembangan Islam di kawasan Asia Tenggara.


Judul buku          : Sejarah & Kebudayaan Islam di Asia Tenggara

Penulis                : Dr Saifullah, MA.

Tebal                   : 287 halaman

Penerbit              : Pustaka Pelajar

0 komentar:

Posting Komentar