Senin, 13 Januari 2020

1947, Ucapan Selamat Dari Mesir



MERDEKA!!

Jumat, 17 Agustus 1945 atau bertepatan dengan tanggal 9 Ramadhan 1364, hari di mana Soekarno membacakan Teks Proklamasi di hadapan rakyat Jakarta, rakyat Indonesia, yang isinya “Menyatakan kemerdekaan Indonesia”.

Namun, berita Indonesia dari tangan penjajah tidak serta merta langsung tersiar ke luar negeri.  Dulu, radio milik rakyat gelombang luar negerinya disegel oleh penjajah. Butuh waktu yang tidak singkat serta perjuangan hidup dan mati juga, agar berita kemerdekaan ini sampai ke luar negeri.

Berkat Pemancar Radio Malabar Bandung, berita ini akhirnya sampai ke luar negeri. Pertama kali didengar oleh mahasiswa Indonesia di Bagdad, Irak. Lalu menyebar ke Mesir dan negara lainnya.

Datanglah ucapan selamat dan pengakuan dari berbagai negara atas kemerdekaan Indonesia. Pertama datang dari Mesir pada Maret 1947 diikuti negara lainnya seperti Lebanon, Suriah, Irak, Afganistan, Arab Saudi di tahun yang sama. Dua tahun setelah pembacaan teks proklamasi oleh Presiden Soekarno.

Di tahun itu, semua ucapan selamat dan pengakuan tersebut rata-rata datang dari negara-negara Timur Tengah. Tidak ada satu pun yang datang dari negeri penjajah apalagi negeri komunis. Menariknya, pengakuan negara NKRI dari negeri yang pernah menjajah Indonesia, Kerajaan Belanda, datang pada Hari Kemerdekaan RI ke-60.

Bukan kata saya, kata sejarawan Prof Ahmad Mansur Suryanegara dalam Api Sejarah-nya Jilid Kedua.

Merdeka!!

0 komentar:

Posting Komentar