Selasa, 30 Januari 2018

Resensi: Sejarah Hidup Nabi Muhammad

Kisah hidup Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam tidak akan pernah habis untuk dibahas. Sejak abad awal hijriyah perjalanan hidupnya telah dicatat oleh para sejarawan semisal Ibnu Ishaq dan Ibnu Hisyam yang sampai saat ini masih bisa dibaca bukunya yang telah berusia lebih dari seribu tahun.

Yang menjadi luar biasa adalah sejarah maupun biografi Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam tidak hanya ditulis oleh ilmuwan dan sejarawan Muslim tapi juga oleh para sarjana Barat. Satu di antara mereka adalah Martin Lings, yang kemudian setelah masuk Islam ia mengubah namanya menjadi Abu Bakr Sirajuddin.


Lings menulis satu buku mengenai Nabi seluruh ummat itu yang diberinya judul “Muhammad: His Life Based on the Earliest Sources.” Dalam bukunya, Lings mencatat kisah-kisah hidup Nabi dengan detail serta merujuk kepada sumber-sumber klasik yang terpercaya sehingga nilai ilmiahnya tetap terjaga.



Nilai lebih dari karya Lings adalah gaya bahasanya yang sangat menarik dan tidak bosan untuk dibaca. Pembaca akan dibuat penasaran sehingga makin bersemangat untuk membuka dari halaman satu ke halaman berikutnya. Gaya bahasa yang indah sarat nilai sastra tidak lepas dari latar belakang Lings yang juga seorang sastrawan.

Seperti ketika Lings mengisahkan burung-burung yang menyerang tentara bergajah Abrahah:
“Tetapi, mereka telah terlambat: langit di ufuk barat menghitam pekat, dan suara-suara gemuruh terdengar; dengan suara yang makin menggelegar, muncul gelombang kegelapan yang menyapu dari arah laut dan menutupi langit di atas mereka. Sejauh jangkauan pandangan mereka, langit dipenuhi beribu-ribu burung, tak terhingga jumlahnya. Orang-orang yang berhasil selamat menceritakan bahwa burung-burung itu terbang secepat burung layang-layang dan masing-masing membawa tiga batu kecil yang membara, satu di paruhnya, dan yang lain dijepit dengan cakar di kedua belah kakinya….” (hal. 31).

Sirah Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam karya Lings ini telah diterjemahkan ke dalam 10 bahasa dunia seperti Prancis, Italia, Spanyol, Turki, Arab, Jerman, Urdu, termasuk ke dalam bahasa Indonesia.


Martin Lings (Abu Bakr Sirajuddin)

Buku ini juga mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi, di antaranya terpilih sebagai buku biografi Nabi terbaik dalam bahasa Inggris pada Konferensi Sirah Nasional di Islamabad pada tahun 1983.

Judul Buku          : Muhammad Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik
Penulis                : Martin Lings (Abu Bakr Sirajuddin)
Tebal                  : 555 halaman
Penerbit             : PT Serambi Ilmu Semesta
               


0 komentar:

Posting Komentar